Sabtu, 14 Maret 2015

INI MANFAAT BUAH RAMBUTAN.

Ini Manfaat Buah Rambutan

Buah  @nuswantara com

ILUSTRASI.NUSWANTARA COM -
Rambutan menjadi salah satu buah local favorit orang Indonesia. Buah tropis ini tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia tapi juga beberapa Negara lainnya seperti Malaysia, Filipina, Kamboja, Thailand, India, Sri Lanka, Ekuador, Australia, dan Amerika.
Buah berkulit warna merah yang sedang musim di Indonesia sekarang ini memiliki banyak khasiat. Tak hanya pada buahnya, khasiat tersebut juga terkandung dalam kulit buah, kulit kayu, serta daunnya.
Di Indonesia dan Malaysia, buah rambutan menjadi obat tradisional yang telah digunakan ribuan tahun lamanya. Konon buah ini dapat mengobati penyakit diabetes, hipertensi, dan penyakit ringan lainnya. Selain itu, kandungan karbohidrat dan protein dalam rambutan membantu meningkatkan energy dan mencegah kembung.
Vitamin C dalam buah rambutan membantu penyerapan mineral. Selain itu, kandungan tembaga dalam buah rambutan dapat membantu produksi sel darah merah dan darah putih. Terdapat pula kandungan mangaan yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi enzim.
Rambutan adalah buah yang baik untuk mengatur kadar oksigen dalam tubuh yang akan mengontrol pusing dan kelelahan akibat anemia. Buah ini memiliki kadar serat yang baik dan rendah kalori sehingga bisa menjaga kita tetap kenyang karena kandungan serat dan tingginya kadar air dalam buah.
Rambutan juga menjadi obat yang baik untuk mengatasi sakit kepala, sariawan, dan disentri. Untuk sakit kepala, daun rambutan digunakan sebagai tapal pada pelipis. Ini dapat mengurangi rasa sakit pada kepala. Sedangkan jamu-jamuan dari kulit kayu rambutan digunakan untuk menyembuhkan sariawan dan jamu dari akar digunakan untuk demam rendah. Rambutan juga menjadi antiseptic untuk mencegah tubuh kita dari infeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar